On becoming the marketing business company...

Pages ini khusus saya luangkan untuk memberikan suatu catatan penting tentang ilmu pemasaran (On becoming the marketing company).  Dalam kaitannya dengan blog ini, saya mengibaratkan kemenangan dalam bisnis pemasaran ini ibaratnya tampil dan berpentas di panggung kemenangan... di atas bintang-bintang.  Sehingga saya terinspirasi untuk memiliki sebuah blog dengan tema PENTAS di ATAS BINTANG 


Diambil banyak dari guru besar pakar marketing dari Indonesia, bapak Hermawan Kartajaya.


Peluang pasar ada pada orang2 yang memiliki kemampuan melihat lebih jauh (beholder); dalam rangka memanfaatkan peluang-peluang yang muncul di pasar, pertama tama mereka harus memandang pasar secara kreatif (Hermawan Kartajaya)

SELAMAT DATANG DI PASAR GLOBAL!
Pada tahun-tahun yang mendatang, semua dari kita di planet ini akan memasuki millenium baru.  
Penggerak perubahan ada 3 : ekonomi, teknologi & kondisi pasar.
Ketiga (3) penggerak ini telah me-redefinisi hampir semua sektor industri
Ketiga (3) pengerak ini juga telah mengubah arti dan definisi dalam hal :
CARA KITA MELAKUKAN BISNIS

Kemajuan teknologi informasi (internet, BB, dsb) telah mentransformasikan pasar.
Kemajuan teknologi informasi  memberikan KESEMPATAN kepada pemain pemain industri sejumlah besar alternatif untuk BERSAING secara strategis & kuat

Pemasaran bukan hanya lagi sebuah  tugas fungsional, dan tanggung jawab memasarkan  
barang atau jasa saja
PEMASARAN HARUS MENJADI KONSEP BISNIS STRATEGIS
Strateginya terdiri atas : SEGMENTASI, TARGETTING  & POSITIONING
Kalau ketiga prinsip ini dihandle dengan baik dan benar, maka  ketiga hal ini akan merupakan penggerak ("change driver").  Penggerak untuk memenangkan MIND SHARE nya pelanggan

Segmentasi adalah cara memandang suatu pasar secara kreatif.
Targeting adalah kriteria2 dalam hal cara menempatkan dengan tepat sebuah perusahaan dalam segmennya dan dalam target pasar yang sudah dipilih sebelumnya.  
Kriteria tersebut adalah (1) ukuran pasar (2) pertumbuhan pasar
(3) keunggulan kompetitif (persaingan) & (4) situasi persaingan/kompetisi
Positioning adalah strategi untuk mengarahkan pelanggan secara kredibel. Positioning adalah tentang bagaimana membangun rasa kepercayaan, percaya diri & kompetensi untuk pelanggan.  Positioning bisa merupakan being strategynya perusahaan itu ataupun produk-produknya ke dalam benak pelanggan.  Tentang pencarian kepercayaan pelanggan, tentang menciptakan sebuah eksistensi ("being") di benak para pelanggan, sehingga membuat pelanggan secara sukarela mengikuti sebuah company atau produk2nya.

Excellent thought !!!  

with passion...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar